Catatan dan Poin Penting dalam Pendidikan Anak


Pendidik harus mempunyai visi dalam pendidikan anak. Contohnya adalah:


1. Mempersiapkan anak untuk menjadi seorang pembelajar (active learner)

2. Pendidik membantu anak membangun rasa ingin tahu dan cinta belajar.

3. Mempersiapkan anak untuk menghadapi kehidupan realitas (dunia nyata).


Konsep dasar dalam mendidik anak


1. Pelajaran yang berhubungan dengan minat (kesukaan) anak apalagi ditambah dengan melibatkan anak dalam aktivitas belajar secara aktif, dapat memberikan stimulasi kepada anak untuk membuat mereka menjadi active learner dan cinta belajar.

2. Anak didik yang merasa bahwa guru mereka peduli terhadap mereka (empati) dan senang untuk merespon keinginannya akan menjadi anak yang baik (aktif, mengikuti, dan semangat dalam aktivitas belajar)

3. Pendidik harus sadar bahwa perubahan memerlukan waktu (berproses). Menjadi pendidik harus sabar dalam menjalankan prosesnya.

4. Pendidik harus sadar bahwa ia tidak bisa merubah atau memperbaiki kondisi anak semuanya. Pendidik hanya bisa menyampaikan, sementara hidayah taufiq ada di tangan Allah Ta'ala. Artinya pendidik hanya bisa berusaha sekuat mungkin untuk mentransfer ilmu dan teori dengan berbagai metode, gaya, dan cara, sedangkan hasil diserahkan kepada Allah.

5. Inti dari proses belajar pada anak adalah anak menjadi pribadi yang mempunyai kemampuan berpikir, peduli, terpelajar, dapat bersosialisasi dengan baik dengan orang di luar dirinya.

6. Pendidik harus punya goal (visi dan misi) sehingga mampu menjawab pertanyaan,"Mengapa kamu (ingin) menjadi pendidik/guru?" Dengan adanya goal, pendidik mempunyai cek-list dan dapat mempunyai standar apakah ia ada di jalan yang mendekatkan diri pada tujuan atau di jalan yang menjauhkan diri pada tujuan pendidikan.


pendidik harus membangun rasa ingin tahu dan cinta belajar pada anak



Catatan tambahan:

- Untuk ilmu syar'i, tujuan pembelajaran ilmu ini adalah untuk diamalkan agar mendapat rahmat Allah Ta'ala sehingga selamat dan bahagia di dunia, selamat dan bahagia di akhirat (yaitu masuk surga dan dijauhkan dari api neraka).

- Pendidik (orang-tua dan guru) harus memberikan teladan agar dapat dicontoh oleh anak-anak muridnya. Karena keteladanan adalah salah satu pendidikan yang terbaik.

- Konsep pendidikan ilmu syar'i adalah : menanamkan iman sebelum belajar Al-Qur-an, belajar adab sebelum belajar ilmu, belajar Al-Qur-an sebelum belajar hadits dan ilmu selainnya.