Belajar Tata Cara Shalat dan Bacaannya - tahap satu


Ini dokumentasi pembelajaran anak kami. Pembelajaran lanjutan dari belajar dan praktek wudhu

Latar Belakang pembelajaran shalat


Hadist Nabi yang menyuruh orang-tua untuk mengajarkan anaknya pada usia 7 tahun.

“Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur 7 tahun, dan kalau sudah berusia 10 tahun meninggal-kan shalat, maka pukullah ia. Dan pisahkanlah tempat tidurnya (antara anak laki-laki dan anak wanita).”

(Sumber: https://almanhaj.or.id/1048-kewajiban-mendidik-anak.html )


Metode belajar


Salah satu metode pendidikan adalah metode pembiasaan. Maksudnya adalah membiasakan anak melakukan atau mengamalkan apa-apa yang sudah dipelajarinya.

Jadi, walaupun anak belum berumur tujuh tahun, akan tetapi saya berusaha membiasakan shalat. Tentunya praktek yang sesuai dengan kapasitas si anak. Sehingga ketika anak sudah berumur tujuh tahun, kita lebih mudah untuk menyuruh anak shalat dan si anak sudah mengetahui tata cara shalat yang benar.

Kemudian, metode lainnya adalah belajar dengan bertahap sesuai dengan kapasitas sang anak.

Oleh karena itu, dalam pembelajaran shalat ini, kami hanya mengejarkan ilmu dan praktek mulai dari berwudhu (ini sudah diajarkan dan juga dibiasakan), dan melakukan tata cara shalat yaitu:


1. Berniat di dalam hati.

2. Berdiri menghadap kiblat.

3. Takbiratul ihram

4. Bersedekap

5. Membaca Al-fatihah

6. Takbir untuk ruku

7. Ruku dan bacaannya.


Sementara ini hanya ini dulu, walaupun ia sudah mengetahui gerakan shalat secara umum.

Buku panduan yang dipakai


Buku panduan yang dipakai hanya satu. Dzikir dan bacaan setiap gerakan juga yang diajarkan hanya satu. Yang penting targetnya adalah gerakannya benar sesuai sunnah dan bacaannya benar sesuai sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Setelah ia sudah matang pemikirannya, nanti akan diperkenalkan dengan variasi bacaan berbeda yang juga diajarkan rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan juga akan dikenalkan kekayaan fiqh dimana antara 'ulama ahlussunnah dengan 'ulama lainnya ada perbedaan pendapat. Namun itu nanti. Yang sekarang adalah bagaimana ia mengetahui gerakan shalat dan bacaannya sesuai buku panduan yang berdasarkan ahlussunnah wal jama'ah.

Inilah buku panduan yang kami pakai dalam pembelajaran shalat:


buku panduan belajar tata cara shalat dan bacaannya untuk di rumah


Saya akan monitor perkembangannya, jika sudah lancar gerakan dan bacaannya in syaa Allah akan diteruskan ke i'tidal, sujud dan seterusnya.