Block tab dan Scripts area - Pengenalan Scratch 3


Pada pelajaran pengenalan scratch ke dua, kamu sudah mengetahui user interface scratch. Coba baca lagi dan lihat gambarnya agar lebih familiar.

Kamu telah mengetahui apa itu stage beserta konsep dasar dari stage. Kemudian dibahas juga tentang apa itu sprite, sprite list, dan konsep dasarnya.

Sekarang kita lanjutkan kepada pelajaran mengenal user interface Scratch berikutnya.

Saya akan menguraikan tentang blocks dan scripts area.

Block itu sebenarnya adalah instruksi yang diberikan kepada sprite. Sekumpulan blocks disatukan (stack) sehingga mereka menjadi sekumpulan instruksi yang jika program di "run" (dijalankan) maka program tersebut bekerja.

Sekumpulan blocks ini terdapat di daerah yang namanya scripts area.

Pada pelajaran ini, kamu akan mempelajari bagaimana scripts tersebut dijalankan semuanya dan juga bisa dijalankan sebagian.

Gunanya adalah untuk mengecek stack demi stack blocks tersebut apakah bekerja sesuai dengan keinginan kita, barulah kita bisa menggabungkan blocks itu semuanya untuk dijalankan.

Tanda bahwa blocks script itu sedang berjalan adalah adanya tanda border berwarna kuning. Kamu bisa lihat videonya di bawah untuk lebih jelasnya.

Sekarang kita bahas mulai dari block tab.


Block tab


Block pada scratch terbagi menjadi sepuluh palettes (sepuluh kategori), yaitu: motion, looks, sound, pen, data, events, control, sensing, operators, dan more blocks.

Setiap blocks berlainan warna, block pada masing-masing palette (kategori) mempunyai warnanya tersendiri, sehingga kamu bisa mencari relasi block lainnya yang satu kategori dengan mudah.

Scratch 2 memiliki lebih dari 100 blocks.

Lihat gambar, blocks pada motion palette (kategori motion) contohnya adalah move_steps, dan seterusnya.


blocks tab apa saja di kategori atau palette motion



Jika kamu ingin lebih jelas mengetahui tentang block dan contohnya, silakan klik tanda tanya dan pilih block tab kemudian klik block yang kamu inginkan.

Scripts area


Untuk membuat sprite berbuat sesuatu (bergerak, melompat, bersuara, dan seterusnya), kamu harus membuat bahasa program (sekumpulan instruksi).

Caranya adalah drag (seret) Blocks tab ke Scripts area. Jika terdiri dari beberapa blocks, snap (kaitkan  atau satukan) blocknya berdasarkan urutan instruksi.


Block stack (sekumpulan scripts instruksi) pada scripts area



Setelah kamu drag ke scipts area, kamu dapat langsung run (menjalankan) program kamu dengan mengklik block scripts.

Tanda warna kuning di border block script berarti scripts sedang run (program sedang berjalan atau sprite sedang bekerja sesuai instruksi pada scripts).

Untuk lebih jelas, lihat video di bawah ini.