Membuat Program Hello World pada Scratch - Pengenalan Scratch 1
Saya mengenalkan pemrograman Scratch pada kedua anak saya. Alhamdulillah keduanya antusias mencoba dan "mengoprek" Scratch ini.
Tulisan ini adalah catatan dokumentasi apa yang kami pelajari tentang Scratch.
Pada catatan pengenalan scratch ke satu ini, saya akan menunjukkan apa itu scratch, fungsi, dan contoh program sederhana yang pertama yaitu mencetak kalimat "hello world!" di layar komputer.
Apa itu Scratch?
Scratch adalah visual programming language (bahasa pemrograman visual) yang penuh dengan atmosfer pembelajaran untuk semua umur, mulai dari anak-anak sampai dewasa.
Scratch adalah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang menyuruh komputer untuk melakukan sesuatu. Kamu menulis instruksi ini menggunakan bahasa pemrograman yang ada pada scratch.
Apa fungsi Scratch?
Scratch digunakan untuk membuat games, simulasi, cerita animasi, media pembelajaran interaktif, bahan untuk project sains, dan lainnya.
Perbandingan Scratch dengan bahasa pemrograman text-based
Kita mengenal bahasa pemrograman yang berbasis text. Maksudnya adalah kamu memberikan sekumpulan instruksi agar komputer melakukan sesuatu. Instruksi-instruksi yang kamu berikan berupa text.
Contoh:
Bahasa Pemograman Java (Java language)
Jika kamu ingin menyuruh komputer untuk mencetak kata Hello di layar komputer, maka kamu ketik text sesuai dengan syntax bahasa Java, yaitu:
System.out.print("Hello World!");
Bahasa Pemrograman Python
Jika kamu menginstruksikan hal sama namun menggunakan bahasa pemrograman Python, maka kamu ketik
print('Hello World!')
Intinya kamu harus mempelajari syntax atau standar bahasa suatu bahasa pemrograman.
Di sisi lain, Scratch adalah bahasa pemrograman yang visual (visual programming language). Di dalam scratch kamu tidak akan mengetik text-text seperti contoh di atas. Kamu hanya tinggal klik block dan membuat program.
Lihat video di bawah untuk memperhatikan bahwa di dalam scratch hanya dibutuhkan click dan drag untuk membuat instruksi.
Perhatikan video di atas. Tokoh yang berkata "Hello World!" pada program di atas dinamakan sprite.
Sprite menerima sekumpulan instruksi yang telah kita berikan, yaitu:
- Say "Hello World!" selama dua detik
- Kemudia say "Test Only" selama dua detik
- Sprite berkata Hello world karena ada event yaitu ketika kita klik bendera hijau.
Ini adalah program sangat sederhana, sebab hanya terdiri dari satu sprite dan juga terdiri dari dua instruksi saja. Nanti kamu akan membuat program yang kompleks setelah belajar tahap demi tahap di sini.
Instruksinya juga sederhana, yaitu hanya untuk berkata sesuatu selama dua detik, nanti kamu juga dapat menginstruksikan komputer untuk menggerakkan sprite, memainkan musik, mengatakan dengan bersuara, membuat perhitungan untuk score (dalam quiz atau games), menghitung, dan sebagainya.
Istilah dasar dalam Scratch
Dalam pembelajaran ini, saya akan menunjukkan satu demi satu istilah dalam pemrograman Scratch ini.
Di atas sudah saya sebutkan tentang sprite. Sekarang saya akan tunjukkan apa itu scripts.
Kamu dapat membuat program di dalam Scratch dengan mengaitkan sejumlah block dari sejumlah tabs sehingga block tersebut menumpuk.
Block yang menumpuk ini terdapat di area script.
Block yang menumpuk berupa sekumpulan instruksi inilah yang dinamakan script.
Sekarang lihat gambar di bawah agar lebih jelas:
Akan berlanjut dengan seri ke dua yaitu antar muka (environment) pada pemrograman scratch.
No comments:
Post a Comment