Contoh Bentuk Apresiasi Kepada Anak


Dahulu kala, saya mengira bahwa bentuk apresiasi dari orang tua kepada anaknya adalah dalam bentuk hadiah, seperti uang, benda kesayangan, benda yang diinginkannya, dan seterusnya.

Sekarang saya mengetahui bahwa dalam mengapresiasi anak, orang tua juga dapat memberikannya dalam bentuk lain.

Sebelum membahas contoh apresiasi yang dapat diberikan orang tua kepada anak, maka saya akan tuliskan di sini makna atau arti apresiasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Arti Apresiasi


Salah satu arti dari apresiasi adalah penilaian atau penghargaan terhadap sesuatu.


contoh ucapan apresiasi ke anak



Apa saja yang diapresiasi?


Saya baru saja membaca tentang hal ini, dan Alhamdulillah mendapatkan wawasan baru.

Hal-hal yang diapresiasi orang tua sebenarnya tidak hanya prestasi anak, contohnya: prestasi di bidang akademis (rangking di sekolah, juara olimpiade Biologi, dan seterusnya), namun juga untuk hal yang bersifat intangible  yang ada dan dilakukan pada anak seperti ketekunannya, usaha kerasnya, kreatifitasnya, ketika mereka mengakui kesalahan atau kekurangan dan bertekad ingin memperbaiki diri, ketika mereka jujur dalam mengakui sesuatu hal, dan lainnya.


Setelah kita mengetahui makna apresiasi dan hal apa saja yang patut diapresiasi, maka sekarang kita masuk ke pembahasan pokok tulisan ini yaitu contoh bentuk-bentuk apresiasi yang dapat kita berikan kepada anak.

Contoh Bentuk Apresiasi Kepada Anak


Salah satu bentuk apresiasi kita terhadap anak umumnya adalah memberikan hadiah.

Hadiah atau bingkisan ini dapat berupa piagam penghargaan, piala, uang, benda berharga, dan lainnya.

Pada tulisan ini, saya akan memberikan contoh lain apresiasi yang dapat kita berikan kepada anak, yaitu:

1. Pertanyaan

Pertanyaan ini adalah sebagai bentuk empati ketika anak bercerita kepada kita, contoh pertanyaan yang dapat ditanyakan kepada anak adalah sebagai berikut:

a. Pertanyaan 5W1H yang tujuannya adalah menggali lebih dalam cerita anak.

b. Bertanya tentang kabarnya, misalnya ketika dan setelah mendapatkan hasil terbaiknya.

c. Bertanya tentang kesulitan yang dihadapinya.

d. Dan seterusnya


2. Mendukung aktivitasnya

Contoh bentuk dukungan orang tua kepada anak adalah memfasilitasi anaknya ketika serius menekuni hal yang ia sukai.

Contoh lainnya adalah mendampingi anak ketika mereka melakukan hal yang diminatinya, tentunya tidak harus mendampingi secara terus menerus, namun dampingi ketika ia merasa perlu didampingi.


3. Body contact (kontak fisik)

Contoh kontak fisik terhadap anak yang merupakan tanda apresiasi orang tua kepadanya adalah menepuk pundak anak ketika mengetahui sang anak berhasil melakukan sesuatu, mengusap kepalanya, mencium kepalanya, dan seterusnya.


bentuk apresiasi yang intangible kepada anak



4. Memberikan ucapan selamat

Memberikan ucapan selamat dengan gesture tubuh yang menyatakan apresiasi penuh, misalnya dengan senyum, menyalaminya dengan jabatan yang erat, memeluknya, sambil berkata bahwa kita bersyukur kepada Allah dan senang dengan prestasi yang diraih ananda.


5. Mendengarkan dengan seksama

Empati dan mendengarkan cerita kesuksesannya dengan sungguh-sungguh adalah merupakan salah satu contoh bentuk dukungan dan apresiasi kepada anak.


6. Mendoakan kebaikan untuk anak

Hal ini adalah terkait dengan poin nomor empat, bisa saja kita mengucapkan selamat sambil mendoakan keberkahan, yaitu baarakallah fiik, dan doa kebaikan lainnya.

Adapun doa keberkahan untuk anak, orang tua harus terus mendoakannya karena inilah yang paling penting.