Jago Bahasa Inggris Dengan Penerapan 3 Kunci Utama Ini


Kamu pelajar SD, SMP, atau SMA yang ingin sekali mahir berbahasa Inggris? Jika kamu mau jago Bahasa Inggris, maka saya akan sharing kuncinya. Ini berdasarkan pengalaman saya dalam belajar Bahasa Inggris dan kemampuan berbahasa Inggris ini saya pakai ketika saya bekerja di luar negeri selama kurang lebih 4 tahun.

Sewaktu saya pikir-pikir kembali, ternyata secara garis besar, saya menerapkan tiga kunci utama ini. Apa kunci utama belajar bahasa Inggris agar kamu semakin jago bahasa Inggris? Silakan teruskan baca.


3 kunci dan langkah supaya mahir bahasa inggris


3 Kunci utama dalam belajar bahasa Inggris:



  1. Pelajari pelafalan kata yang benar.
  2. Jangan terjemah perkata.
  3. Ulang-ulang pelajaran.


Mari kita bahas tiga poin di atas satu per satu.

Pelajari pronunciation kata dengan benar


Pembiasaan pengucapan yang benar dan pembiasaan mendengar pelafalan sebuah kata. Dua aktivitas ini akan membuat ingatan semakin kuat dan kemampuan memahami kalimat dalam bahasa Inggris semakin meningkat.

Satu lagi manfaatnya, kita berbicara semakin fasih, cepat, dan benar (mendekati native speaker) sehingga pembicaraan kita dimengerti oleh lawan bicara.


Bagaimana cara mempelajari pronunciation dengan benar dan sesuai aksen yang tepat?


1. Usahakan kita menemukan seorang native speaker atau orang yang bahasa ibunya adalah bahasa Inggris.

Kita dapat belajar darinya secara intensif. Kita berusaha mendengar apa yang ia ucapkan, tidak hanya mendengar, tetapi berusaha memahami apa yang ia ucapkan.

Setelah itu, kamu mengulangi apa-apa yang ia contohkan. Mintalah feedback-nya apakah pengucapan kamu sudah benar atau belum, atau apakah ia mengerti apa yang kamu katakan atau tidak.


2. Jika belum menemukan teman atau native speaker, jangan khawatir. Setidaknya kamu bisa mendengar dari aplikasi web kamus di internet.

Caranya belajar pelafalan kata bahasa Inggris dari internet bagaimana?

a. Browse https://www.collinsdictionary.com

b. Tulis kata yang akan kamu pelajari pelafalannya.

c. Contohnya kata "utensil" yang berarti perkakas atau alat.

d. Lihat gambar di bawah


cara belajar pelafalan kata bahasa inggris di internet



Dari gambar di atas, kamu akan mendengar pelafalan yang tepat dari kata utensil baik american style maupun british style setelah kamu meng-klik gambar speaker yang berwarna merah.


Jangan terjemah perkata


Apa maksudnya? Maksudnya adalah agar otak kamu belajar berpikir dalam bahasa Inggris secara benar. Bukan men-Inggriskan kata per kata bahasa Indonesia alias decoding kalimat dari kata per kata.

Mungkin diantara kamu yang membaca ini ada yang belum mengerti maksudnya. Agar lebih jelas, akan saya beri contoh, satu contoh yang salah, kemudian contoh praktek yang benarnya.

Contoh yang salah yaitu menterjemahkan kata per kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris:

- Kamu mau bertanya umur kepada lawan bicara.

Biasanya dalam bahasa Indonesia ungkapannya adalah: "Berapa umur kamu?"


Ketika kamu masih terbiasa berpikir ala Indonesia dan menterjemahkan kata satu per satu, maka kamu akan:

- Menterjemahkan berapa ke dalam bahasa Inggris => how many

- menterjemahkan umur kamu ke dalam bahasa Inggris -> your age

Jadi kamu mengambil kesimpulan bahwa ungkapan "Berapa umurmu?" itu bahasa Inggrisnya adalah "How many your age?" atau "How many age do you have?"

Di atas adalah contoh yang salah. Sekarang bagaimana cara yang benarnya? Perhatikan contoh di bawah.

Yang benar adalah langsung berpikir bagaimana ungkapan ini diucapkan dalam bahasa Inggris atau bagaimana biasanya native speaker mengungkapkan pertanyaan di atas.

Jika kamu sudah belajar ekspresi/ungkapan atau frasa sehari-hari, maka pertanyaan ini biasa diungkapkan dalam bahasa Inggris dengan "How old are you?".

Kesimpulannya, pelajari frasa dan ekspresi sehari-hari yang biasa atau sering diungkapkan oleh native speaker sehingga kamu terbiasa mengungkapkan kalimat dalam bahasa Inggris secara tepat sesuai dengan kebiasaan dan aksen bahasa Inggris yang benar.


Ulang-ulang pelajaran yang telah didapat


Ini adalah cara belajar konvensional dan yang paling ampuh untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Aktivitas mengulang tujuannya adalah agar kata-kata/frasa/ungkapan/kalimat yang telah dipelajari dan dipahami tertanam ke dalam long-term memory.

Apa akibatnya? Akibatnya kamu dapat me-retrieve kata/frase/ungkapan dengan cepat tanpa perlu berpikir panjang.


Contoh aktivitas mengulang


- Mengulang-ulang pelafalan kata yang benar dan artinya.

- Mempraktekkan kata baru yang didapat ke dalam sebuah kalimat atau berbicara dengan teman kamu menggunakan kata tersebut.

- Menuliskan kata tersebut dalam sebuah kalimat di buku.

- Mengajarkan kata/frase yang sudah kamu ingat ke adikmu atau temanmu.

- Dan seterusnya.


Saya telah mempraktekkan tiga kunci utama yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris agar active both oral and written (mempunyai kemampuan aktif baik dalam berbicara dan kemampuan yang baik dalam menulis dalam bahasa Inggris).

Saya telah buktikan kemampuan bahasa Inggris ini dan kemampuan ini saya pakai ketika menjadi warga dunia dengan bekerja di luar negeri selama 4 tahun dimana bahasa komunikasi formal menggunakan bahasa Inggris.

Jadi kamu mau jago bahasa Inggris? Caranya adalah ketahui tiga kunci utama ini dan praktekkan.